Form WhatsApp

Merancang Tema Gathering Agar Lebih Seru dan Sukses

shape image

Merancang Tema Gathering Agar Lebih Seru dan Sukses

Untuk Menggelar sebuah acara gathering bukan lagi menjadi hal sulit & merepotkan, karena sudah banyak tersebar jasa penyelenggara kegiatan tersebut. Jika lebih memilih untuk menangani sendiri penyelenggaraan gathering, baik perusahaan, komunitas, perkumpulan atau di lingkungan perumahan, sudah banyak juga panduan untuk pelaksanaannya. 

Meski sudah ada berbagai kemudahan tersebut, namun masih banyak yang mengabaikan tema dari penyelenggaraan acara gathering.


Kebanyakan acara Gathering yg digelar tidak terfokus pada goal atau tujuan yang akan dicapai, atau hanya sebagai sarana untuk melepas kejenuhan dan bersenang-senang. Padahal sebenarnya, menentukan tema gathering sama pentingnya dengan memilih lokasi, menyusun kegiatan, sampai menetapkan baju apa yang akan dikenakan saat berlangsungnya acara agar semua penuh semangat kebersamaan.

Menentukan tema gathering penting dilakukan agar kegiatan lebih berkesan dan bisa memberi manfaat bagi para pesertanya ketika kembali lagi dengan pekerjaan maupun aktivitas sehari-hari. Apalagi jika Gathering tersebut dilakukan rutin setiap tahunnya. Pada perusahaan, penentuan tema acara gathering diperlukan agar seluruh kegiatan menjadi lebih terarah serta memudahkan dalam menentukan substansi isi serta alur kegiatan.

Banyak tema gathering yang bisa dipilih terutama yang digelar oleh perusahaan. Meski demikian banyak hal yang harus diperhatikan dalam menentukan tema tersebut seperti :

1. Visi dan misi perusahaan

Agar tujuan penyelenggaraan gathering dapat tercapai, visi misi perusahaan menjadi hal terpenting yang harus diperhatikan dalam menyusun konsep acara gathering termasuk menentukan tema. Bahkan akan lebih baik lagi jika disesuaikan dengan agenda perusahaan, seperti ulang tahun perusahaan, pemberian reward bagi karyawan terbaik, atau pencapaian target tahunan perusahaan. Ada juga beberapa perusahaan yang menggelar gathering dengan keluarga karyawan sebagai ajang silaturahmi setelah hari raya.

2. Tujuan kegiatan

Dalam menentukan tema, harus terlebih dahulu melihat tujuan pelaksanaan kegiatan gathering yang sudah ditetapkan oleh perusahaan. Apalagi jika kegiatan gathering masuk dalam agenda rutin tahunan. Pemilihan tema yang menarik dan variatif akan membuat acara semakin berkesan bagi tiap pesertanya.


3. Jumlah peserta dan usianya

Mengetahui jumlah peserta beserta usianya termasuk yang sangat diperlukan dalam menentukan tema sebuah acara gathering. Sebab hanya pada acara gathering  inilah yang paling memungkinkan untuk mengikutsertakan keluarga termasuk anak-anak. Jika diperkirakan banyak karyawan yang membawa anak-anaknya, sebaiknya dilakukan juga pengelompokan usia, agar dapat mempermudah penyusunan acara berdasarkan tema yang sudah ditetapkan.

4. Lokasi kegiatan

Hal yang tak kalah pentingnya untuk dipertimbangkan dalam menentukan tema acara gathering adalah lokasi kegiatan. Misalnya saat sebuah acara gathering akan digelar di daerah pegunungan, tema yang bisa diangkat adalah kembali ke alam atau tema yang bernuansa petualangan. Akan berbeda juga apabila lokasi kegiatan adalah taman bermain.







Berikut ini adalah beberapa contoh tema acara gathering yang pernah digelar :

“Semangat Kebersamaan untuk Meraih Prestasi Terbaik”, tema sebuah acara gathering yang diselenggarakan divisi personalia dan keuangan sebuah perguruan tinggi

“Cahaya Kebersamaan : Sendirian Kita Hanya Setetes, Bersama Kita adalah Lautan”, tema acara gathering sebuah perusahaan yang bergerak dibidang infrastruktur

Tema Survival, Memburu Harta Karun, dan Back to High School, merupakan contoh tema-tema menarik dalam acara gathering sejumlah komunitas dan perusahaan besar. 

Dalam kegiatan tersebut, peserta diharuskan menggunakan baju yang sesuai dengan tema. Susunan acara termasuk permainannya juga disusun berdasarkan tema.

Menggelar acara gathering di alam terbuka masih menjadi daya tarik tersendiri bagi sejumlah perusahaan maupun kelompok atau komunitas. Kallebos Outbound memiliki panorama keindahan alam yang mempesona untuk dijelajahi, baik di Riverside, Malino, Bulukumba , Mamaju dll. Untuk acara gathering, banyak kegiatan yang bisa diikuti dalam suasana yang menyenangkan, atau Anda bisa merancang sendiri kegiatan gathering yang diinginkan, dan Tim Kallebos akan selalu mendukung kelancaran setiap kegiatannya.

Segera hubungi kami


Jenis Dan Pengertian Dari Masing-Masing Gathering

Gathering di Makassar menyediakan beberapa jenis acara dengan masing-masing jenis mempunyai pengertian yang hampir sama perbedaannya hanya dibagian peserta yang ikut dalam acara tersebut, yaitu:

  • Gathering perusahaan

Acara ini diikuti oleh para karyawan perusahaan besar yang mempunyai unit kerja atau devisi yang berbeda-beda, dengan tujuan supaya mereka saling mengenal sehingga kerjasama, serta keakraban tetap terjaga. Selain itu juga untuk menjalin hubungan yang harmonis antara atasan dengan para karyawan.

  • Gathering keluarga

Perusahaan sering menggunakan acar ini, sebab selain melibatkan para karyawan juga melibatkan para keluarganya dan umumnya ditujukan supaya saling mengenal satu sama lain antar keluarga satu karyawan dengan karyawan yang lain.

  • Gathering pelanggan

Acara gathering ini biasanya dijalankan oleh suatau perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa/ produk dengan sebutan kopdar atau kopi darat yang dilengkapi juga dengan acara doorprize dan umumnya membutuhkan pihak ketiga dalam berjalankan acara tersebut.

Jenis ghatering di atas harus ada temanya dan umumnya tema yang disediakan berbeda-beda sesuai dengan keinginan perusahaan.

Tema Gathering Di Makassar Yang Bisa Dipilih

Beberapa tema yang bisa dipilih dalam acara gathering sangat bnayak, namun ada 3 tema utama yang umumnya sering digunakan, yiatu:

  • Tema outbound di alam bebas dengan menginap juga camping

Melakukan acara gathering dengan  mengambil tema menginap atau camping di alam bebas bisa menjadi salah satu acara yang cukup menyenangkan, sebab keunggulan lainny adalah kita gathering di alam bebas telah dilengkapi dengan tempat penginapan serta disediakan tempat untuk camping, jadi tidak khawatir akan kebingungan tempat menginap.

  • Staycation di tengah kota

Andai tidak ada banyak waktu, acara gathering bisa dilakukan di tempat yang dekat dnegan perusahaan, selain tidak menghabiskan banyak waktu, tenaga, juga biaya yang dikeluarkan cukup hemat.

  • Melakukan pelatihan seri dan budaya

Acara gathering dengan teman pelatihan seni dan budaya selain bisa meningkatkan pengetahuan, para karyawan akan semakin paham hal-hal baru sehingga kemungkinan besar bisa berpengaruh terhadap kinerjanya.

Setelah mengetahui beberapa tema yang biasanya digunakan dalam acara Gathering di Makassar, sekarang ketahui juga konsep dalam acara gathering tersebut.

 Segera hubungi kami


© Copyright 2022 Kallebos Outbound Tour | Family Gathering | Makassar | Bali | Bandung

Form WhatsApp

Pemesanan ini membutuhkan aplikasi WhatsApp.

Order now